ANALISIS RELIABILITY AIR CYCLE MACHINE (ACM) BOEING 737- 900ER MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)

Anisafitri, Berni (2023) ANALISIS RELIABILITY AIR CYCLE MACHINE (ACM) BOEING 737- 900ER MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM). Tugas Akhir thesis, ITD Adisutjipto.

[img] Text (Abstrak)
18050008_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (488kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
18050008_BAB I.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (328kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18050008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (218kB)
[img] Text (Full Text Tugas Akhir)
18050008.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Udara dingin yang dihasilkan dari air conditioning system telah dikondisikan oleh air cycle machine (ACM), ketika terjadi penurunan kemampuan fungsi komponen ini, suhu akan meningkat dan aliran udara dalam pesawat terbang akan berkurang, sehingga berakibat terganggunya kenyamanan penumpang, maka perlu dilakukan analisis reliability terhadap air cycle machine untuk mengetahui prioritas kegagalan dari tingkat keparahannya dan lalu memberikan rekomendasi perawatan yang tepat. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode reliability centered maintenance (RCM) untuk mencari analisis keandalan pada komponen yang nantinya analisis RCM sendiri akan dibagi menjadi analisis kualitatif RCM dan analisis kuantitatif RCM. Analisis kualitatif RCM digunakan untuk merekomendasikan jenis kegiatan perawatan yang paling efektif ditinjau dari bentuk kegagalannya. Bentuk kegagalannya ditentukan dari besar nilai , dimana besar nilai itu didapat dengan menggunakan distribusi weibull. Analisis kuantitatif RCM untuk analisis yang berkaitan dengan risk priority number (RPN) resiko dari kegagalan dari suatu komponen. Berdasarkan data kegagalan dan kerusakan air cycle machine periode Januari 2020 sampai dengan September 2022 pesawat Boeing 737-900ER terdapat 22 kasus yang terjadi dan dapat dikelompokan menjadi 6 failure mode dengan menggunakan metode reliability centered maintenance (RCM), hasil analisis kualitatifnya didapat nilai adalah sesuai dengan landasan teori Weibull Analysis maka jenis kegagalan yang terjadi berupa implies wear out. Rekomendasi jenis perawatan yang dianjurkan untuk jenis kerusakan ini adalah perawatan preventif kategori Time Directed (TD). Hasil analisis kuantitatif didapat Air Cycle Machine Stuck Can not Rotate menjadi pemilik nilai RPN tertinggi yaitu sebesar 200 dan kasus ini memiliki frekuensi hingga 10 kali dalam jangka priode waktu yang diteliti. Berdasarkan rank nilai RPN yang ada kasus ini tergolong dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: RCM, RPN, Keandalan, Weibull.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Institut Teknologi Dirgantara Adisujtipto > Teknik Dirgantara
Depositing User: Miss Anisafitri Berni
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:27
Last Modified: 20 Mar 2023 01:27
URI: http://eprints.stta.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year