STUDI EKSPERIMENTAL PADA EFEK VARIASI WINGLETS PESAWAT T-34C-1 CHARLIE DENGAN MENGGUNAKAN LOW SUBSONIC WIND TUNNEL

Muhamad Jalu, Purnomo (2019) STUDI EKSPERIMENTAL PADA EFEK VARIASI WINGLETS PESAWAT T-34C-1 CHARLIE DENGAN MENGGUNAKAN LOW SUBSONIC WIND TUNNEL. (Unpublished)

[img] Text
Jalu JMPM Mei 2019.pdf - Published Version

Download (656kB)

Abstract

Penelitian ini mengaji pengaruh modifikasi penambahan winglet pada sayap pesawat T-34C-1 Charlie dengan variasi model winglet. Vortex pada wingtip dapat mengakibatkan kurang efisiennya fungsi sayap. Benda uji yang digunakan adalah miniatur sayap pesawat T-34C-1 Charlie dengan skala 1:35 dengan empat benda uji sayap, tiga benda uji model winglet yaitu sayap menggunakan winglet blended, winglet upswept, winglet twisted, dan sayap model asli diukur dari nol relatif sayap. Percobaan dilakukan pada wind tunnel dengan mengukur lift dan drag, masing-masing divariasikan sudut serang dan kecepatan aliran udara, untuk mendapatkan kerja terbaik dalam bentuk koefisien lift dan drag (CL/CD)max. Unjuk kerja (CL/CD)max terbaik sebesar 3,709 terjadi pada sayap winglet blended. Untuk tanpa winglet (CL/CD)max sebesar 2,445 pada sayap dengan penambahan winglet lain unjuk kerjanya (CL/CD)max lebih kecil dari winglet blended. Penambahan winglet blended menunjukan kenaikan unjuk kerja sebesar 55,01% dibandingkan tanpa modifiksai penambahan winglet. Kata kunci: wingtip vortex, model winglet, wind tunnel, unjuk kerja.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Sekolah Tinggi Teknologi Adisujtipto > D3 Aeronaitika
Depositing User: mr Jalu Purnomo
Date Deposited: 23 Aug 2019 04:37
Last Modified: 27 Aug 2019 00:58
URI: http://eprints.stta.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year