Djarot Wahju Santoso, Djarot Peer Review: Analisis Kekuatan Struktur Repair Skin Doubler Pesawat B373-300. P3M STTA Yogyakarta. (Unpublished)
Text
Peer Review2.pdf Download (683kB) |
Abstract
Fuselage merupakan struktur pada pesawat sebagai ruang tempat penumpang dan barang juga untuk meletakkan sayap, serta struktur yang lain. Fuselage mengalami pembebanan pada saat pesawat take off, maneuver terbang, landing dan pada saat di darat. Salah satu pembebanan pada fuselage adalah tekanan kabin. Pada pengoperasian pesawat yang terus menerus akibat tekanan kabin, damage berupa retak sering kali terjadi pada bagian fuselage. Penggunaan skin doubler untuk menangani kasus retak perlu dilakukan analisis terutama untuk melihat pengaruh ketebalan doubler dan variasi fastener terhadap kekuatan strukturnya. Dalam penelitian ini pemodelan struktur skin doubler dan analisis menggunakan bantuan software CATIA V5R21. Pemodelan struktur dibuat 4 jenis yaitu satu struktur untuk penggunaan variasi jumlah fastener dan 3 struktur lainnya untuk perubahan ketebalan doubler. Seluruh model tersebut diberikan beban tarik dan differential pressure. Penggunan doubler yang lebih tebal pada struktur repair akan menurunkan tegangan yang terjadi pada doubler. Semakin banyak jumlah row fastener yang digunakan akan menurunkan tegangan pada fastener hal ini terjadi pada beban tarik, tetapi belum cukup efektif untuk beban differential pressure. Struktur pemodelan ini aman terhadap pembebanan tarik dan internal pressure
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Sekolah Tinggi Teknologi Adisujtipto > Teknik Dirgantara |
Depositing User: | Mr Djarot Wahju Santoso |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 05:54 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 05:54 |
URI: | http://eprints.stta.ac.id/id/eprint/176 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year